PROFIL PERPUSTAKAAN MUTIARA
NPP : 3171071E1015871
Sejarah Perpustakaan SMAN 35 Jakarta
Perpustakaan SMAN 35 Jakarta, yang kini dikenal dengan nama Perpustakaan Mutiara, berdiri seiring dengan berdirinya SMAN 35 Jakarta. Sejak awal berdiri, perpustakaan ini telah menjadi bagian penting dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar di lingkungan sekolah.
Pada awalnya, perpustakaan hanya memiliki koleksi terbatas, seiring dengan meningkatnya kebutuhan informasi dan pentingnya budaya literasi di kalangan siswa dan guru, perpustakaan ini terus berkembang, baik dari segi koleksi, sarana, maupun layanan.
Perpustakaan Mutiara mulai melakukan modernisasi, dengan sistem layanan peminjaman berbasis komputer dan peningkatan koleksi buku sesuai dengan perkembangan kurikulum dan minat baca siswa. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk kepala sekolah, guru, serta komite sekolah, mendorong perpustakaan menjadi lebih representatif sebagai pusat sumber belajar.
Hingga saat ini, Perpustakaan Mutiara SMAN 35 Jakarta terus berinovasi sebagai pusat literasi dan informasi, mendukung visi sekolah dalam menciptakan lulusan yang cerdas, kritis, dan berwawasan luas.
VISI
“Menjadi pusat pengetahuan dan informasi di SMAN 35 Jakarta yang menginspirasi kebiasaan membaca, mendukung pencapaian akademik, dan menyediakan akses yang efisien serta terorganisir terhadap sumber literasi yang relevan”.
MISI
1. Mengintergrasikan Kebiasaan Membaca dalam Rutinitas Sehari hari
Menerapkan program membaca yang konsisten untuk meningkatkan minat baca dan keterampilan literasi siswa, serta memperluas wawasan pengetahuan mereka secara berkelanjutan.
2. Mengelola Koleksi Buku yang Relevan dan Berkualitas
Menyediakan dan memperbarui koleksi buku serta sumber belajar yang sesuai dengan kurikulum dan kebutuhan siswa, guna mendukung proses pembelajaran yang efektif dan menyeluruh.
3. Meningkatkan Efisiensi Akses dan Pengelolaan Koleksi
Mengoptimalkan sistem pencatatan dan pemantauan koleksi buku untuk memastikan akses yang teratur dan cepat, serta kemudahan dalam proses peminjaman dan pengembalian buku.
4. Memanfaatkan Teknologi untuk Mendukung Pengelolaan Perpustakaan
Menggunakan teknologi informasi untuk memperbaiki proses pencatatan dan pencarian buku, sehingga mendukung pengelolaan koleksi dan pelayanan perpustakaan dengan lebih efektif.
5. Menciptakan Lingkungan Pembelajaran yang Inspiratif dan Mendukung
Menyediakan fasilitas perpustakaan yang nyaman dan kondusif untuk kegiatan membaca, belajar, dan berdiskusi, guna menciptakan pengalaman belajar yang produktif dan memotivasi bagi siswa.
6. Mengembangkan Karakter dan Kemandirian melalui Kegiatan Literasi
Memanfaatkan aktivitas literasi untuk membangun karakter, disiplin, dan kemandirian siswa, serta mendorong mereka untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan yang integral dalam kehidupan akademik mereka.